2/21/10

Mengaktifkan Active Directory pada Windows Server 2003

Hmm..
mmm..
kali ini ingin mengulas tentang active directory pada windows server 2003 ah.
kata orang-orang sih, jikalau memakai windows server 2003 tanpa enablenya active directory itu kurang afdol, ya iyalah masa ya iya sih.
Active directory pada windows server 2003 itu seperti sumber informasi untuk jaringan/networking yang terdapat pada windows server 2003 yang berperan penting dalam jaringan/networking nantinya baik untuk server maupun client.  Kurang lebihnya seperti itu, karena saya juga bingung jelasinnya.

well kita mulainya saja step by stepnya tapi mohon maaf-maaf( maafnya 2x :D ) tidak ada screenshoot/preview karena tadi pas praktekin lupa ngjepretnya. :D
1. pergi menu start kemudian pilih wizard Managa Your Server atau bisa melalui menu run kemudian ketik “dcpromo”. next..
2. gunakan jurus next-next, tapi bagi yang menggunakan wizard Manage Your Server Role, pilih Domain Controller (Active Directory) kemudian next.
3. pada bagian Domain Controller type, pilih yang pertama/teratas yaitu “Domain controller for a new domain”. next..
4. pada bagian Create a new domain, pilih “Domain in a new forest”. next..
5. pada bagian New Domain Name, isilah nama domain yang diinginkan misalnya “winser.com”. next..



6. pada NetBIOS Domain Name, jika langkah-langkah sebelumnya benar maka akan tertulis otomatis “winser” karena NetBIOS tidak mengenal karakter titik. next..
7. pada bagian Database and Log Folders, secara default terisi “C:\Windows\NTDS”. next..
8. pada bagian Shared System Volume, secara default terisi “C:\Windows\SYSVOL”. next..
9. pada bagian Permissions, pilih saja yang atas yaitu “Permission compatible with pre-Windows 2000 server operating systems”. Sedangkan pada bagian DNS Registration Diagnostics, pilih saja “install and configure the DNS server on this computer, and set this computer to use this DNS server as its preferred DNS server. next..
10. pada bagian Directory Services Restore Mode Administrator Password, isilah password untuk Active Directory. kemudian next->next->wait->finish->restart.. selesai deh. Fiyuuuhh… :)

No comments:

Post a Comment